Dunia Bermain

Aku mencongkel bola mata menjadi sebutir kelereng

Kemudian aku gelindingkan di atas pusar ibu


"Ibu, bermainlah sebentar bersamaku"

Kemudian ibu, menarik sebelah telinganya

menjadikan selembar uang-uangan 

kemudian uang itu ditukar dengan sepatu Ayah


Sepatu ayah, aku sembunyikan di dalam lemari es

"Ayah, temani aku mengerjakan tugas sekolah"

Ayah melepas telapak kakinya

kemudian dijadikannya perahu kecil


Telinga ibu hilang satu, tapi bisa mendengar isakku

Telapak kaki ayah tak bisa menjejak, tapi bisa mengejarku

Aku bermain menuju ke pantai, menuju laut menaiki perahu


Kata kata biasa bermain sendiri, sesekali bermain dengan aku atau kau

Dunia kata adalah taman bermain, hanya saja terlalu serius


Surabaya, 21 Des 2020


 

 


No comments:

Lelaki Kecil dengan Punggung Kura - Kura

Lelaki kecil berjalan meniti tepi jalan sambil menggandeng bapak Ingus yang naik turun ia biarkan sambil mengingat hitungan mundur Tangan la...